Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Sebelum Anda mengirimkan naskah, harap baca dengan cermat dan ikuti informasinya:
a. Naskah belum dipublikasikan atau diterima untuk publikasi, atau sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Selain naskah, pernyataan tertulis harus dilampirkan yang mengklarifikasi bahwa artikel tersebut asli dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
b. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstrak dan Kata Kunci jelas ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
c. File naskah harus digital. Kami menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak Open Office atau Microsoft Office (2007 atau lebih tinggi) dengan dokumen ekstensi (.rtf, .doc, atau .docx).

2. Jenis naskah yang cocok adalah publikasi hasil karya mahasiswa baik dalam bentuk penciptaan maupun pengkajian untuk semua aspek meliputi laporan penelitian terbaru, ide-ide konseptual, dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dalam bidang Desain, Ilustrasi, Fotografi, Seni, Budaya Visual serta bidang keilmuan seni dan humaniora lainnya..

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia menggunakan bahasa akademik bersama dengan struktur dan komposisi penulisan akademik standar. Naskah diketik satu spasi dalam ukuran kertas A4, satu kolom, antara 3000-5000 kata termasuk referensi, gambar, dan tabel.

4. Naskah Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya dibagi menjadi beberapa bagian umum berikut: Judul, Penulis dan Afiliasi, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.
a. Penulis
harus mengisi profil penulis di situs web OJS yang terdiri dari penulis dan penulis korespondensi. Nama Depan, Tengah dan Belakang (Jika penulis hanya menggunakan satu nama, isikan nama depan dan nama belakang dengan nama yang sama), Jenis Kelamin, Awal, Nama Pengguna, Kata Sandi, Afiliasi (Universitas / atau Lembaga), Email, Alamat Surat ( alamat lengkap afiliasi: nama jalan, kota, provinsi dan kode pos), Pernyataan Negara dan Bio (Departemen atau Fakultas). Penulis harus mengikuti template artikel.
b. Judul: Judul terdiri dari 8-12 kata,
c. Abstrak: Abstrak adalah ringkasan naskah. Ini terdiri dari tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan diskusi, dan simpulan. Implikasi atau rekomendasi dapat ditambahkan secara abstrak. Abstrak harus ditulis dalam 150 - 250 kata
d. Kata kunci: Ada 3-5 kata kunci dari satu naskah.
e. Pendahuluan: Pendahuluan menunjukkan apa yang sudah diketahui dari penelitian sebelumnya, mendefinisikan pentingnya penelitian, tinjauan literatur, dan menyatakan pertanyaan penelitian.
f. Metode Penelitian: Metode menjelaskan dengan jelas bagaimana penulis melakukan penelitian.
g. Hasil dan Pembahasan: Bagian hasil menunjukkan secara obyektif presentasi hasil kunci penelitian tanpa interpretasi menggunakan teks, tabel dan gambar. Bagian hasil dimulai dengan teks, menyajikan temuan utama, dan merujuk pada tabel dan gambar. Bagian hasil harus menyajikan bagaimana penulis memastikan validitas dan keandalan data.
h. Simpulan: Bagian simpulan menunjukkan jawaban atau klarifikasi dari pertanyaan penelitian dan peluang untuk penelitian masa depan
i. Ucapan Terima Kasih: Penulis harus menyebutkan sumber pendanaan apa pun yang mendukung penelitian ini dan mungkin menyebutkan reviewer luar atau narasumber dari naskah mereka.
j. Daftar Pustaka: Referensi harus terdiri dari sumber utama yang relevan dan terbaru (seperti artikel jurnal atau konferensi dari 10 tahun terakhir). Referensi harus merupakan literatur terbaru dan terkait. Menggunakan literatur (lebih dari 20 tahun yang lalu) mungkin diperbolehkan. Referensi harus ditulis dalam APA Style edisi ke-6 dan menggunakan perangkat lunak manajer referensi (Endnote, Mendeley, Zotero, dll).

5. Pedoman untuk APA style edisi ke-6 yang digunakan untuk kutipan dan referensi dalam teks tersedia di https://www.apastyle.org/. Namun, beberapa penyesuaian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Panduan singkat sebagai contoh dinyatakan sebagai berikut. Sampel di bawah ini diambil secara acak dari berbagai sumber dan untuk tujuan contoh saja. Mereka tidak dimaksudkan sebagai iklan dan promo atau sebagai sudut pandang atau preferensi Dewan Editorial.

6. Gambar, Tabel dan Peta Tabel dan gambar dalam manuskrip diberi nomor secara berurutan menggunakan angka Arab (Gambar 1, gambar 2, gambar 3, dan seterusnya) dan ditulis dengan teks dan sumber gambar dan tabel, di bawah gambar. Untuk tabel, hindari menggunakan garis horizontal. Tabel tidak boleh bentuk printscreen atau screenshoot, nilai numerik tertentu, membandingkan dan nilai kontras, dan minimal 2 baris dan kolom. Angka-angka harus jelas (memberikan file asli sebagai file tambahan dalam pengiriman naskah), menyoroti tren, pola, dan hubungan. Gambar dan tabel muncul dalam resolusi yang baik dan tidak dicetak disaring dan / atau printscreen.

Peta bisa disebut gambar (dan diberi nomor seperti itu). Untuk semua gambar (gambar garis, foto, peta), silakan gunakan file sumber resolusi tinggi: min. 150 dpi untuk foto, min 300 dpi untuk gambar garis. Ini adalah resolusi minimum yang diperlukan pada dimensi di mana gambar akhirnya harus direproduksi. Harap diingat bahwa gambar itu sendiri harus berkualitas tinggi (mis. Gambar harus jelas dan tajam dan teks apa pun dalam gambar harus tajam dan dapat dibaca). Berikan judul dan sumber gambar di teks utama (tepat di titik di mana Anda menunjukkan: 'Gambar x tentang di sini').

7. Naskah yang tidak memenuhi format jurnal akan dikembalikan ke penulis untuk diformat ulang. Penulis dapat merevisi dan mengirim ulang naskah setelah naskah diperbaiki dalam format yang diterima.

8. Pemeriksaan plagiarisme akan dilakukan untuk setiap naskah dengan kesamaan minimal 25%. Setelah itu, naskah akan review secara double blind.

 

Copyright Notice

Para penulis yang menerbitkan artikelnya di Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya setuju dengan ketentuan berikut:

Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:

  1. Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
  2. Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
  3. Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Di bawah istilah berikut, bahan dan isi publikasi yang digunakan dalam Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya secara keseluruhan atau sebagian harus menyatakan bahwa karya aslinya, dikutip dengan benar, and tidak digunakan untukĀ tujuan komersial.

Para pengguna (redistributor) Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisiĀ , dan Digital Object Identifier (DOI).

 

Privacy Statement

Semua bahan publikasi (termasuk nama dan alamat email) yang dimasukkan dalam jurnal ini (online dan cetak) akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan.