Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Picture to Picture di SMP Negeri 1 Tambun Selatan

Purnia Purnia(1*)

(1) SMPN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran picture to picture di kelas IX.B SMP Negeri 1 Tambun Selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX.B SMP Negeri 1 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 38 peserta didik. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data hasil tes evaluasi pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu data hasil tes pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,53%, yang mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata 78,68 dengan ketuntasan klasikal 73,68%, mengalami peningkatan kembali pada siklus II nilai rata-rata 81,53 dengan ketuntasan klasikal 94,74%. Penelitian ini menyimpulkan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran picture to picture di kelas IX.B SMP Negeri 1 Tambun Selatan.

Keywords


Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Picture to Picture

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Puspuk Depdikbud & Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anitah, Sri, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, Nur. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depkdiknas.

Aunurrahman. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimiyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni dan Moh. Arif Ismail. 2013. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Pekanbaru: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Saputro, Suprihadi. 2015. Strategi Pembelajaran. Malang: FIP UNM.

Soeitoe, Samuel. 2002. Psikologi Pendidikan Untuk Para Calon Pendidik dan Pendidik, Jilid 1. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Solihatin, Etin dan Raharja. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. 2017. Strategi Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikilogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifudin. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Tim Redaksi Fokusmedia. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Winataputra, Udin S. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.9739

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Purnia Purnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.