Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa (2) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa (3) pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMK Swasta di Kota Depok pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa (3) terdapat pengaruh yang signifikan pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhtar, D. (2008). Praktik Kerja Industri Mencetak Siswa SMK Siap kerja. Diakses dari http://daffa-akhtar.blog.plasa.com/ pada tanggal 10 April 2014.
Chaplin J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dalyono. (2005(. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2006).. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta : Direktorat PembinaanSekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Junaidi, M. S., & Pardjono.. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Guru SMA. Jurnal Akuntanbilitas Manajemen Pendidikan. 3(2). 414-450.
Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 6(1). 65-77.
Manullang. (2008). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Ghalia Indonesia (GI)
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Renita, B. (2006). Bimbingan dan Konseling SMA 1 untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Edisi pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siswanto. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soeharto,. & Iriani, D. S. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(3). 274-232.
Sugihartono. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syaodih N. S. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Wibowo (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wiryani, N. P. R., Sunarya, I. M. G., Santyadiputra, G. S. (2015). Survei Deskroptif Faktor Motivasi Memasuki Dunia KErja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Di Bidang TIK Se-Bali Tahun Ajaran 2014/2015. Kumpulan Artikel Mahasiswa Teknik Informatika. 4(4). 2-10.
Yulianti, I., Khafid, M. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Kemampuan Soft Skills Terhadap Tingkat Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahliaan Akuntansi Di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal. 4(2). 389-403.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9428
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Slamet Setiade & Sumaryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |