Kinerja Guru Ditentukan oleh Persepsi atas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja

Heri Purnomo(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sumaryati Tjitro Sumarto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon., 2). Pengaruh Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon, 3). Pengaruh motivasi kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon, Sampel yang digunakan 60 guru sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 51,393. 2). Pengaruh Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,008  < 0,05 dan thitung = 2,744. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan tehitung = 6,613.

Keywords


Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Adair, John. 2004. Menjadi Pemimpin Efektif. Jakarta: PT. Gramedia.

Arikunto, Suharsomi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin, 2003. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar

Brojonegoro. 2002, Norma-Norma Pendidikan dan Tingkat Pengembangan Anak, Bandung: Rineka Cipta

Chaplin, C.P., 1999, Kamus Lengkap Psikologi, edisi Bahasa Indonesia oleh Kartini Kartono, cetakan kelima, Jakarta, Raja Grafindo Perkasa

Dacidoff, L.L., 1998, Psikologi Suatu Pengantar, Jilid I, edisi Bahasa Indonesia oleh Mari Juniati, Jakarta, Erlangga

Daryanto S.S, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo

Depdiknas, 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Buku 1). Jakarta: Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri dkk.2005, Strategi Belajar Mengajar

Hadi, Saiful. 2007. Kompetensi yang harus Dimiliki Seorang Guru., www. Saiful Hadi. Wordpress.com.

Harna, Mugi. M., 2003. Profesionalitas Kepala Sekolah. Pendidikan Network.

Kartini, Kartono. 1985. Menyiapkan dan memadukan Karir, Jakarta: CV Rajawali

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Rosda Karya

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2006, Evaluasi kinerja SDM, Bandung: PT Refika Aditama, Cet ke-II.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press.

Nawawi, Hadari. 2005. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Penerbit Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Peraturan pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: CV Eko Jaya, 2005

Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2014), Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta

Robbin, Stephen R., 1996, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontraversi Dan Aplikasi, Jilid2 Penerbit Prehanllindo, Jakarta.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta:PT Kencana

Safari. 2005, Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta, Depdiknas.

Sedarmayati, 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif, Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sunber Daya Manusia, Jakarta: STIE YKPN

Sukadi, 1999. Guru Powerful Guru Masa Depan, Bandung: Kolbu.

Subroto, B Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1992.Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 1996. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Mungin Edy. 2006. Sertifikasi Profesi Pendidik., www.suara-merdeka.com

Wortman, C.B., Loftus, E.F., dan Marshal, M.E., 1995, Psycology, 2nd ed. New York: Alfred A. Knopf. Inc.

Usman, Moh. Uzer, 2003, Menajdi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8972

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heri Purnomo, Sumaryoto, & Sumaryati Tjitro Sumarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.