Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor

Sulis Riyanti(1*), Suparlan Kasyadi(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan pengalaman magang bidang industri secara simultan dan parsial terhadap kesiapan kerja siswa SMK swasta di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi. Data tentang semua variabel yang ada (motivasi, pengalaman magang di bidang industri dan kesiapan bekerja) diperoleh melalui kuesioner. Dari hasil analisis data determinasi dan setelah melalui pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan pengalaman magang di bidang industri secara bersama-sama terhadap kesiapan bekerja, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 84,000; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kesiapan bekerja, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,004 <0,05 dan thitung = 2,994; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pengalaman pemagangan bidang industri terhadap kesiapan kerja, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 7,380.


Keywords


Motivasi; Pengalaman Praktek Kerja Industri; Kesiapan Kerja

Full Text:

PDF

References


Agus Fitriyanto. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Anoraga. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali & Asrori. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Asroi & Syarif Hidayat. (2014). Kaidah Praktis Dalam Menyusun Laporan Hasil Penelitian. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Asroi dan Syarif Hidayat. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri

Bhuwono Agung Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Chaplin, James P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Danielson. (2008). Pendidikan Kejuaraan. Jakarta: Gramedia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dewa Ketut Sukardi. (1993). Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Duwi Prayitno. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Finch. dan Crunkilton. (1999). “Curriculum development in Vocational and Technical Education”. Boston: Allyn and Bacon

Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. S.P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hidayat, Syarif. (2014). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri

Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kartini, K. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta : Penerbit Rajawali Pers

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nevi Indaryati. (2007). Hubungan PI dan Motivasi Berprestasi Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian AKuntansi SMKN 1 Pedan tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Fise UNY

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Pardjono. (2001). Konsepsi Guru tentang Belajar dan Mengajar dalam Persepektif Belajar Aktif dalam Varidika No.23 Tahun XIII. Surakarta: UMS Press

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Raelin,J.A. (2008). Work-Based Learning: Bridging knowledge and action in the worksplace. San Francisco: Jossey-Bass.

Sadirman A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sofyan, Herminanto. (1986). Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk memasuki Lapangan Kerja. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta

Solikudin Djaelani, Suriani, T. Zahara, Sartini. (2014). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Suparman I.A (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8815

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sulis Riyanti, & Suparlan Kasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.