Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan pengalaman magang bidang industri secara simultan dan parsial terhadap kesiapan kerja siswa SMK swasta di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi. Data tentang semua variabel yang ada (motivasi, pengalaman magang di bidang industri dan kesiapan bekerja) diperoleh melalui kuesioner. Dari hasil analisis data determinasi dan setelah melalui pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan pengalaman magang di bidang industri secara bersama-sama terhadap kesiapan bekerja, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 84,000; (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kesiapan bekerja, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,004 <0,05 dan thitung = 2,994; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pengalaman pemagangan bidang industri terhadap kesiapan kerja, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 7,380.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Fitriyanto. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.
Anoraga. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali & Asrori. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
Asroi & Syarif Hidayat. (2014). Kaidah Praktis Dalam Menyusun Laporan Hasil Penelitian. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Asroi dan Syarif Hidayat. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri
Bhuwono Agung Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Chaplin, James P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Danielson. (2008). Pendidikan Kejuaraan. Jakarta: Gramedia.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Dewa Ketut Sukardi. (1993). Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia
Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Duwi Prayitno. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media
Finch. dan Crunkilton. (1999). “Curriculum development in Vocational and Technical Education”. Boston: Allyn and Bacon
Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, Malayu. S.P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hidayat, Syarif. (2014). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri
Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kartini, K. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta : Penerbit Rajawali Pers
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nevi Indaryati. (2007). Hubungan PI dan Motivasi Berprestasi Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian AKuntansi SMKN 1 Pedan tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Fise UNY
Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Pardjono. (2001). Konsepsi Guru tentang Belajar dan Mengajar dalam Persepektif Belajar Aktif dalam Varidika No.23 Tahun XIII. Surakarta: UMS Press
Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Raelin,J.A. (2008). Work-Based Learning: Bridging knowledge and action in the worksplace. San Francisco: Jossey-Bass.
Sadirman A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sofyan, Herminanto. (1986). Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk memasuki Lapangan Kerja. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta
Solikudin Djaelani, Suriani, T. Zahara, Sartini. (2014). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Suparman I.A (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset
Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8815
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sulis Riyanti, & Suparlan Kasyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |