Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Bekasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Bekasi). Tesis: Jakarta Timur; Fakultas Pascasarjana; PIPS; Universitas Indraprasta PGRI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 2). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 3). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei. Sampel berukuran 100 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling kuota. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes preferensial Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa sementara Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang berasal dari tes tertulis yang telah diuji validitasnya. Analisis data menggunakan Regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Pola asuh orang tua dan Disiplin belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan Sig = 0,03 < 0,05 dan Fhitung = 6,190, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,155, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,024 < 0,05 dan thitung = 2,289. Untuk peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa dapat dilakukan dengan memahami Pola Asuh Orang Tua dan meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Selain upaya encouragement kepada siswa untuk lebih Disiplin Belajar pada pelajaran IPS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Koesoema. (2007). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di. zaman global. Jakarta. PT Grasindo.
Purwanto. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salahudin, A dan Irwanto A, (2013). Pendidikan karakter, Bandung: CV Pustaka Setia
Supardi. (2012). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: PT. Ufuk Publishing House.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d, Bandung: Alfabeta.
Tarmudji, T, (2006). Prinsip-prinsip kewirausahaan, Liberti, Yogyakarta.
Thoha, (1996), Perilaku organisasi, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yulaelawati, E. (2011). Kurikulum dan pembelajaran filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya
Zubaidi. (2011). Desain pendidikan karakter. Jakarta : Kencana Prenada
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.8751
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aji Haryanto, Sumaryoto Sumaryoto, Taufik Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |