Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor

Mariana Indrayati(1*)

(1) UNIVERSITAS PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan unutuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Hipotesa penelitian yang diuji meliputi : 1).Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. 2). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.3). Pengaruh Interaktif Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII  SMP Negeri  di Kabupaten Bogor  dengan besar sampel sebanyak 70 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes Kecerdasan Emosional bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 30 soal yang diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,097 >0,05 dan Fhitung 1.583. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua arah/jalur.Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut :1). Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa, hal tersebut dibuktikan dengan sig.0,008<0,05 dan thitung 2,714. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ,hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,002 <0,05 thitung 3,217. 3). Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan kecerdasan dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.0,000 <0,05 Fhitung 158,614. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Keywords


Kecerdasan emosional; Kedisiplinan; Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Gava Media.

Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(1), 1907-9990.

Press Prawira Purwa Almaja. (2014). Psikologi Pendidikan. Jojgakarta : Ar-Ruzz Media

Sugiono. (2010). Metode penelitian pendekatankuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Yahaya, Azizi, dkk. (2012). The Impact Of Emotional




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.8047

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mariana Indrayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.