Pemikiran Soedjatmoko tentang Pendidikan dan Relevansinya pada Abad Ke-21 di Indonesia
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Soedjatmoko tentang pendidikan dan relevansinya bagi pendidikan abad ke-21; Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan sumber utama tulisan-tulisan yang dibuat oleh Soedjatmoko serta dilengkapi oleh beberapa sumber sekunder untuk melengkapi data penelitian. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan bahwa (1) bagi Soedjatmoko, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan belajar, baik sebagai individu maupun secara kolektif sebagai suatu bangsa; (2) menurut Soedjatmoko, memasuki abad ke-21 ini, Indonesia akan menghadapi tantangan baru yang tidak ada presedennya, selain tantangan-tantangan lama yang belum selesai; (3) pemikiran Soedjatmoko tentang pendidikan sangat relevan bagi masyarakat Indonesia di abad ke-21 ini, terutama karena kemampuan belajar, merupakan kunci untuk menghadapi masa yang sangat dinamis dan ditandai dengan persaingan ketat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Friedman, T. L. (2018). Thank You for Being Late: Membangun Optimisme untuk Melangkah Maju di Era Akselerasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Husnaini, M. (2018). Menjadi Pribadi Pembelajar. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.
Latif, Y. (2019, 2 Mei). Pendidikan Era Baru. https://kompas.id/baca/opini/ 2019/05/02/pendidikan-era-baru/
Soedjatmoko (1984). Pembangunan dan Kebebasan. Jakarta: LP3ES.
Soedjatmoko (1986). Pembangunan sebagai Proses Belajar. In Soedjatmoko dkk. Masalah Sosial Budaya Tahun 2000: Sebuah Bunga Rampai, 3–42. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
Soedjatmoko (1989). Manusia Menjelang Abad 21. In Mengenang Soedjatmoko: Kumpulan Berita dan Obituari, 221?232. Jakarta: LP3ES.
Soedjatmoko (1991). Manusia dan Dunia yang sedang Berubah. In Soedjatmoko dkk. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI, 7–17. Jakarta: PT Grasindo.
Soedjatmoko (1994). Menjelajah Cakrawala: Kumpulan Karya Visioner Soedjatmoko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama bekerja sama dengan Yayasan Soedjatmoko.
Soedjatmoko (1996). Etika Pembebasan: Pilihan Karangan tentang Agama, Kebudayaan, Sejarah, dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
Soedjatmoko (2010). Menjadi Bangsa Terdidik menurut Soedjatmoko. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetyo, B. (2005). Politik Pendidikan Penguasa. Yogyakarta: LKiS.
Tilaar, H. A. R. (2003). Kekuasaan dan Pendidikan: manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Tilaar, H. A. R. (2012). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.8021
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Chandra Saputra Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |