Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Negeri di Bogor Timur

Ida Bagus Juli B(1*)

(1) Indraprasta University Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa, 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa, dan 3) Pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan:1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.  0,000 < 0,05 dan Fhitung = 21,015. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas Media Pemmbelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,012 < 0,00 dan thitung = 2,570. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,911.


Keywords


Persepsi atas media pembelajaran; sikap siswa; prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (1998). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukutan prestasi balajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Djamarah, S.B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Goleman, D. (2000). Emitional intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, M I. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Irwanto. (1997). Psikologi umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

James, A.F. S. (1991). Manajemen. Jakarta: Intermedia

Morgan, C.T. K, Weizz, Schopler. J. J.R. (1986). Introduction of psychology, (7th ed), Singapore: Mc Graw Hil Book Company

Mudzakir, A.(1997). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa.(2009). Menjadi guru profesional. Bandung: Rosdakarya

Riduan.(2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana

Saphiro, L.E. (1998). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta: Gramedia.

Semiawan, C R. (2009). Kreativitas berbakatan. Jakarta: Indeks

Soehartono, I. (1995). Metode penelitian sosial. Bandung: Rosdakarya

Sofan, A.(2010). Proses pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakakarya

Sondang, P.S. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Stephen, P.R. (2003). Organitation behaviroal. New Jersey: Pearson Education

Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsono. (2000). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Inisiasi Press.

Surya, M. (2010). Landasan pendidikan. menjadi guru yang baik. Bogor: Ghalia Indonesia

Suryabrata, S. (1998). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Sutrisno, H. (2000). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, M. (2000). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Winkel, W.S (1997). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.

Yamin, M. (2010). Standarisasi kinerja guru. Jakarta: GP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.7968

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ida Bagus Juli B.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.