Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Negeri di Bogor Timur
(1) Indraprasta University Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa, 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa, dan 3) Pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan:1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 21,015. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas Media Pemmbelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,012 < 0,00 dan thitung = 2,570. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,911.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (1998). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukutan prestasi balajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Djamarah, S.B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Goleman, D. (2000). Emitional intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hasan, M I. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Irwanto. (1997). Psikologi umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
James, A.F. S. (1991). Manajemen. Jakarta: Intermedia
Morgan, C.T. K, Weizz, Schopler. J. J.R. (1986). Introduction of psychology, (7th ed), Singapore: Mc Graw Hil Book Company
Mudzakir, A.(1997). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyasa.(2009). Menjadi guru profesional. Bandung: Rosdakarya
Riduan.(2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana
Saphiro, L.E. (1998). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta: Gramedia.
Semiawan, C R. (2009). Kreativitas berbakatan. Jakarta: Indeks
Soehartono, I. (1995). Metode penelitian sosial. Bandung: Rosdakarya
Sofan, A.(2010). Proses pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakakarya
Sondang, P.S. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Stephen, P.R. (2003). Organitation behaviroal. New Jersey: Pearson Education
Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suharsono. (2000). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Inisiasi Press.
Surya, M. (2010). Landasan pendidikan. menjadi guru yang baik. Bogor: Ghalia Indonesia
Suryabrata, S. (1998). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .
Sutrisno, H. (2000). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Syah, M. (2000). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Winkel, W.S (1997). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
Yamin, M. (2010). Standarisasi kinerja guru. Jakarta: GP Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.7968
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ida Bagus Juli B.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |