Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Tangerang
(1) Universitas Indrprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 60 guru. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 27,718. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan nilai perolehan nilai sig 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,895. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,224.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoraga, P. (2008). Psikologi kerja. Jakarta : Rineka Cipta.
Anoraga, P.. (2001). Psikologi dalam perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anwar. (1986). Motivasi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Dharma, S., & Usman, H. (2008). Kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah yang efektif. Jurnal Tenaga Kependidikan Vol.3 No.2. Agustus. Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Hakim, A. (2006). Analisis pengaruh motivasi, komitmen organisasi, dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai. Studi pada dinas perhubungan dan telekomunikasi propinsi jawa tengah. JRBI Vol.2, No.2, Juli 2006 : 165-180.”
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Hasibuan, M. (2003), Manajemen sumber daya manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. P. (2005), Evaluasi kinerja sumber daya. manusia, Bandung: Penerbit Refika Aditama
Mulyasa. (2004). Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan. implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Nasution, S. (2003), Metode research (penelitian ilmiah ) Jakarta: Aksara
Natawijaya, R. (2003). Profesionalisasi guru. Makalah pada Seminar Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: FPS
Nawawi, H. (2003). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis kompetitif. Yogyakarta: UGM Press
Robbins, S. (2008). Organizational Behaviour, tenth edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs.Benyamin Molan. Jakarta : Salemba Empat.
Ruch, F. L. (1967). Psychology and Life, 7th, ed. Glenview, Illinois : Scott, Foresman and Company
Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta : Rajagfindo Persada.
Sardiman, A.M. (2007), Interaksi dan motivasi belajar mengajar: Bandung,. Rajawali Pers
Setiaji, B. (2004). Panduan riset dengan pendekatan kuantitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Siagian, S. P. (2008). Organisasi kepemimpinan dan perilaku administrasi, Jakarta: Haji Masagung.
Siagian, S. P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Simamora, H. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.
soedijarto. (1993). menuju pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudjana, (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, (2006). Statistika untuk senelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, (2005). Psikologi kognitif, cet. 1, Surabaya: Srikandi
Supriadi, D. (1999), Mengangkat citra dan martabat guru. Yogyakarta: Adicita
Thoha, M. (2002). Perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Triyanto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup
Wahjosumidjo. (1995). Kepemimpinan kepala sekolah, tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2008). “Kepemimpinan dan Motivasi”. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Winardi. (2001). Asas-asas manajemen, Edisi terbaru, Bandung: CV. Mandar Maju.
Winardi. (2001). (2007). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7343
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 wahyuddin wahyu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |