Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Tangerang

Wahyuddin Wahyuddin(1*), Taufik Taufik(2)

(1) Universitas Indrprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 60 guru. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dan motivasi kerja  secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 27,718.  2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan nilai perolehan nilai sig 0,005 < 0,05 dan  thitung  = 2,895. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Swasta di Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,002 < 0,05 dan thitung  = 3,224.


Keywords


Kompetensi guru; Motivasi; Kinerja guru; Madrasah Tsanawiyah

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2008). Psikologi kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Anoraga, P.. (2001). Psikologi dalam perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar. (1986). Motivasi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,S. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dharma, S., & Usman, H. (2008). Kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah yang efektif. Jurnal Tenaga Kependidikan Vol.3 No.2. Agustus. Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Hakim, A. (2006). Analisis pengaruh motivasi, komitmen organisasi, dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai. Studi pada dinas perhubungan dan telekomunikasi propinsi jawa tengah. JRBI Vol.2, No.2, Juli 2006 : 165-180.”

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Hasibuan, M. (2003), Manajemen sumber daya manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. P. (2005), Evaluasi kinerja sumber daya. manusia, Bandung: Penerbit Refika Aditama

Mulyasa. (2004). Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan. implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasution, S. (2003), Metode research (penelitian ilmiah ) Jakarta: Aksara

Natawijaya, R. (2003). Profesionalisasi guru. Makalah pada Seminar Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: FPS

Nawawi, H. (2003). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis kompetitif. Yogyakarta: UGM Press

Robbins, S. (2008). Organizational Behaviour, tenth edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs.Benyamin Molan. Jakarta : Salemba Empat.

Ruch, F. L. (1967). Psychology and Life, 7th, ed. Glenview, Illinois : Scott, Foresman and Company

Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta : Rajagfindo Persada.

Sardiman, A.M. (2007), Interaksi dan motivasi belajar mengajar: Bandung,. Rajawali Pers

Setiaji, B. (2004). Panduan riset dengan pendekatan kuantitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Siagian, S. P. (2008). Organisasi kepemimpinan dan perilaku administrasi, Jakarta: Haji Masagung.

Siagian, S. P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Simamora, H. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

soedijarto. (1993). menuju pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, (2006). Statistika untuk senelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, (2005). Psikologi kognitif, cet. 1, Surabaya: Srikandi

Supriadi, D. (1999), Mengangkat citra dan martabat guru. Yogyakarta: Adicita

Thoha, M. (2002). Perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Triyanto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup

Wahjosumidjo. (1995). Kepemimpinan kepala sekolah, tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2008). “Kepemimpinan dan Motivasi”. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Winardi. (2001). Asas-asas manajemen, Edisi terbaru, Bandung: CV. Mandar Maju.

Winardi. (2001). (2007). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7343

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 wahyuddin wahyu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.