Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP di Kota Bekasi

Asep Mulyana Priatna(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi, 2) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda dengan sampel berjumlah 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 146,002, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,524, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,420.

Keywords


Kecerdasan Spiritual; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Aman, S (2013). Tren Spiritualitas Millenium Ketiga. Tangerang: PT. Ruhama

Azzet, A. M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Jojgakarta: Kata Hati

Baharuddin & E.N. Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Darmadi, H (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Daud, M (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.01, No.01. https://jurnaledvokasi.wordpress.com. Diakses 2 Februari 2020

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah & Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Fathurrahman & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Hamalik, O (2008). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Sinar Baru

Haryanto, D (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Indragiri. (2010). Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh memaksimalkan Kecerdasan Anak. Jogjakarta: Starbooks

Jihad & Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo: Yogyakarta.

Kemendikbud. (2016). Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu. https://ppg.spada.ristekdikti.go.id. Diakses pada tanggal 8 Februari 2020.

Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kurniasih, I. (2010). Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta : Pustaka Warna

Mularsih, H. (2010). Strategi pembelajaran, tipe kepribadian dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Makara, Sosial Humaniora. 14(1). 65-74. Tersedia pada: http://journal.ui.ac.id. Diakses 1 Februari 2020

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Paskahandriati & Kuswardani, (2012). Hubungan antara harga diri dan prestasi belajar fisika pada siswa STM. Jurnal Psikologi. 20(3). 2-11. Tersedia pada: http://setiabudi.ac.id. Diakses 1 Februari 2020

Prasetyono, D.S. (2010). Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, Dan SQ Cara Mudah Mengenali Dan Memaknai Kepribadian. Jogjakarta: Flash Books

Prawira, P. A.. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Jawa Barat: Nusa Media

Rosito, A. C. 2010. Spiritualitas dalam Perspektif Positif. Jurnal Visi. Volume 18 (1) : 29 – 42. https://scholar.google.co.id. Diakses pada 2 Februari 2020

Sardiman. A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Satiadarma & Wawuru. (2009). Mendidik Kecerdasan dan Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Pustaka Populer obor.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto, W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sukidi. (2005). Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tamami. (2011). Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia

Tebba, S. (2004). Kecerdasan Sufistik: Jembatan Menuju Makrifat. Jakarta: Kencana

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Uno, H. B. (2010). Teori motivasi & pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7299

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asep Mulyana Priatna, Sumaryoto Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.