Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMP Negeri di Jakarta Barat

Arlin Nursheilaroyce(1*), Mamik Suendarti(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. 2) Pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. Dengan sampel berjumlah 70 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar PPkn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 189,701. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,166. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,299.

Keywords


Persepsi siswa; Pedagogik guru; Kompetensi; Motivasi belajar; PPKn

Full Text:

PDF

References


Arifin. (2017). Upaya diri menjadi guru profesional. Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiono, (1994). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Erekha Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Djamarah, S. B. (2012). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Effendi, S. & Tukiran. (2015). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.

El Khuluqo, I. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elis, R.W. 2015. Evaluasi pembelejaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Febriana, R. (2019). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjayanto. (2013). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, H. (2010). Teori belajar dan motivasi. Bandung: CV Citra Praya.

Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irwantoro, N. & Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.

Karwono. (2017). Belajar dan pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kemdikbud, (2017). Buku Guru: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.

Khodijah, N. (2018). Psikologi pendidikan. Depok: PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2019). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maman, A. (2014). Dasar pendidikan sebagai pengantar. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Nata, A. (2019). Pengembangan profesi keguruan dalam persfektif Islam. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ridwan, A. S. (2019). Strategi belajar mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Siagian, S. P. (1995). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyan, H., dkk. (2012). Teori Motivasi dan penerapannya dalam penelitian. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan pendekatan praktis. Jakarta: Rieneka Cipta.

Ubaedillah, A. & Abdul, R. (2015). Pendidikan kewarganegaraan civic education. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Uno, H. B. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.

Zaiful, R. M., dkk. (2019). Prestasi belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7294

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arlin Nursheilaroyce, Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.