MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Data tentang variabel motivasi belajar persepsi siswa pada kompetensi guru diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang prestasi belajar IPS diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa pada kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. < 0,05 dan Fh = 103,594. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. < 0,05 dan th = 11,750. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. < 0,05 dan th = 5,119.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanti. (1999). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo
Belows, Roger, Psychology of Personel Business and Industriak, Third Edition, Prentice Hill Inc, Englewood Cliffs, New York.2005.
BSNP. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta Depdiknas
Depdikbud. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud
Etal, R. (1999). Pengertian Kompetensi. Mc. Graw Hill Book Company
Gerungan W.A. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Eresco
Gunarsa. (2004). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia
Hanafi, A. (1991). Psikologi Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Hanafi, A. (2007). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Husein, U. (2000). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kamus Bahasa Indonesia, Depdiknas Edisi Ke-3, Cetakan ke dua, Penerbit Balai Pustaka, (2002)
Lestari. (1999). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak. Jakarta: Bhrata Karya Aksara
Lie, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mar’at. (2001). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Nasution, S. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers
Notoatmojo. (2002) Latihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Mandar Jaya
Notoatmojo. (2002). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara
Payaman, J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung Cetakan kelima
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: CV. Remaja Karya
Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8
Sabri. (2003). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Gramedia
Safari. (2010). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Depdiknas
Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurohman. (2007). Analisis Korelasi, Regreasi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa
Sasanti. (2003). Manajemen SDM. Jakarta: Bumi Aksara
Seowarno, H. (2001). Pengantar Study Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung
Soetomo. (1993). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sudjana. (2009). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito
Sudjono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grasindo
Suharsimi, A. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Sunyoto, D & Burhanudin.(2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : caps
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.6341
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Zainal Abdiansyah, Heru Suparman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |