MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Zainal Abdiansyah(1*), Heru Suparman(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Data tentang variabel motivasi belajar persepsi siswa pada kompetensi guru diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang prestasi belajar IPS diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa pada kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. < 0,05  dan Fh = 103,594. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. < 0,05  dan th = 11,750. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig.  < 0,05  dan th = 5,119.


Keywords


Motivasi belajar; persepsi siswa pada kompetensi guru; prestasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Aryanti. (1999). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo

Belows, Roger, Psychology of Personel Business and Industriak, Third Edition, Prentice Hill Inc, Englewood Cliffs, New York.2005.

BSNP. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta Depdiknas

Depdikbud. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud

Etal, R. (1999). Pengertian Kompetensi. Mc. Graw Hill Book Company

Gerungan W.A. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Eresco

Gunarsa. (2004). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia

Hanafi, A. (1991). Psikologi Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Hanafi, A. (2007). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Husein, U. (2000). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kamus Bahasa Indonesia, Depdiknas Edisi Ke-3, Cetakan ke dua, Penerbit Balai Pustaka, (2002)

Lestari. (1999). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak. Jakarta: Bhrata Karya Aksara

Lie, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mar’at. (2001). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Nasution, S. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers

Notoatmojo. (2002) Latihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Mandar Jaya

Notoatmojo. (2002). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara

Payaman, J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung Cetakan kelima

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: CV. Remaja Karya

Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8

Sabri. (2003). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Gramedia

Safari. (2010). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Depdiknas

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurohman. (2007). Analisis Korelasi, Regreasi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa

Sasanti. (2003). Manajemen SDM. Jakarta: Bumi Aksara

Seowarno, H. (2001). Pengantar Study Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung

Soetomo. (1993). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sudjana. (2009). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito

Sudjono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grasindo

Suharsimi, A. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Sunyoto, D & Burhanudin.(2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : caps

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.6341

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zainal Abdiansyah, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.