Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Negeri Di Jakarta Barat

Saman Hudi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Tingkat kesejahteraan keluarga dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survei di SMP Negeri di Jakarta Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Tingkat kesejahteraan kelurga dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 186, SMP Negeri 224, dan SMP Negeri 225 Jakarta Barat yang berjumlah 600. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kesejahteraan keluarga dan kemandirian secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05.dan Fhitung = 50,735. Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kesejahteraan keluarga terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 dan thitung = 4,623. Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,150.


Keywords


Lingkungan keluarga; teman sebaya; dan motivasi belajar akuntansi

Full Text:

XML PDF

References


Abdullah, S.I (2016) Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Abdulsyani, (2007), Sosiologi skematika teori dan terapan. Jakarta, Bumi Aksara.

Ahmadi, A. (2007). Sosiologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Chaplin, JP. (2012). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaelani, M.S., & Suriani. (2015). Dasa-dasar kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Djamarah, S.Bahri., & Zain. (2010).Strategi belajar mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Hasan, I. (2009). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: PT. BumiAksara.

I.A, Suparman.(2012). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah (SPSS, Minitab danLisrel). Jakarta: Pustaka Mandiri

Mudjiman, H. (2011). Manajemen pelatihan berbasis belajar mandiri. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Riana. (2011). Kedudukan keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak- anaknya. Bandung CV. Pustaka Setia.

Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti pemula, Bandung : Alfabeta.

Riduwan., & Engkos, A. K. (2007). Analisis jalur (Path Analysis). Bandung:

Alfabeta

Rosalin, E. (2008). Gagasan merancang pembelajaran kontekstual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.

Rusman. (2011). Model-model pem belajaran“ Mengembang kan professionalisme Guru”. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, cet.Ke- 3.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaru hinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, N.S. (2007). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumardi, S. (2005). Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Sudjana. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiono. (2004). Statistik untuk penelitian: Bandung: Alfabeta

Trianto. (2012). Model Pembela jaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

U.S, Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12583

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SAMAN HUDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.