Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Letak dan Luas Indonesia dengan Model Pembelajaran Time Token pada Siswa SMP Negeri 1 Tambun Selatan

Else Else(1*)

(1) SMPN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi letak dan luas Indonesia dengan model pembelajaran Time Token. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII.B Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu dari bulan September sampai Oktober 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data hasil tes evaluasi pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu data hasil tes pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47,50%, yang mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 75,13 dengan ketuntasan klasikal 65,00%, mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,50%. Kesimpulan penelitian ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi letak dan luas Indonesia pada siswa Kelas VII.B SMP Negeri 1 Tambun Selatan.

Keywords


Hasil Belajar; Metode Time Token; Letak dan Luas Indonesia

Full Text:

PDF

References


Freudenthal, H. 1991. Revising Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Madya, S. 2011. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Lie. 2004 Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. rev.ed. Jakarta: PT Grasindo.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mohamad Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Numan Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2006. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV Eka Jaya.

Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman A. M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawan, Iwan, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedia.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik (Alih bahasa: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. rev.ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran: Rumpun Pembelajaran Efektif. Bandung: Wacana Prima.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.9738

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Else Else

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.