Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Letak dan Luas Indonesia dengan Model Pembelajaran Time Token pada Siswa SMP Negeri 1 Tambun Selatan
(1) SMPN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Freudenthal, H. 1991. Revising Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Madya, S. 2011. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anita Lie. 2004 Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. rev.ed. Jakarta: PT Grasindo.
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mohamad Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Numan Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2006. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV Eka Jaya.
Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman A. M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Setiawan, Iwan, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedia.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik (Alih bahasa: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. rev.ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran: Rumpun Pembelajaran Efektif. Bandung: Wacana Prima.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.9738
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Else Else
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |