Persepsi atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Swasta di Kota Serang
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan, 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, 3) Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kota Serang sejumlah 90 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.813. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.422. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 2.039.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anururohman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azis Wahab, A. (2007). Metode dan Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta
Djamarah, S.B. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Renika Cipta
Hamalik, O. (2007). Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja
Jihad, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Press
Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktek Penilian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.
Mardapi, D. (2008). Tekhnik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Nu’man Sumantri, M. (2007). Pengajaran Pembelajarn Pendidikan IPS. Bandung: Remaja.
Sanjaya, W (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sanjaya,W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineke Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sunyoto, D. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syah, D (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Tasrif. (2008). Pengantar Dasar IPS. Yogjakarta: Genta.
Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.
Tim Pedagogik Universitas Pajajaran, (2007). Teori Belajar IPS, Bandung: Bandung.Remaja.
Uno, HB. (2008). Model Pembelajaran Dalam Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi aksara.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9564
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mashudi Mashudi, Mamik Suendarti, & Itsar Bolo Rangka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |