Persepsi atas Kurikulum dan Motivasi Belajar Siswa Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri di Kabupaten Tangerang

Nurdin Nurdin(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikanpersepsi atas kurikulum dan motivasi belajar siswa secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang, membuktikanpersepsi atas kurikulum berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang,dan untuk membuktikanmotivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 sampel diambil dari dua Sekolah Menengah Pertama NegeriĀ  yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kresek dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kresek yang diambil sebanyak 50 siswa. Penelit?an ini menggunakan Metode Survei dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian yang d?peroleh menggunakan angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Pada pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk penelitian adalah populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,07 < 0,05 dan Fhitung = 7.446. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3.779. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,901 > 0,05 dan thitung = 0.125.


Keywords


Persepsi atas Kurikulum; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S , (2001). Metode research penelitian ilmiah. Bandung: Alfabeta

Baharudin & Nurwahyuni, E. , (2008). Teori belajar dan pembelajaran,

Djamarah, S. B, (2008), Psikologi belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Effendi, A. (2005), Psikologi perkembangan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ferismayanti, (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Thesis. Serang: Universitas Tirtayasa.

Gay, Robins, (2015). Metodologipenelitian, Bandung: Rajawali.

Hidayat, S (2015) Teori danprinsip pendidikan, Tanggerang: Pustaka Mandiri Irwanto, (2007). Psikologi umum, Jakarta: Prenhallindo.

Mansyur, L, (2008). Diskursus pendidikan islam, Yogyakarta Global Pustaka Utama.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2). https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Nawawi, H., (1998). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Pess.

Nazir, M. , (2009). Metode penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Ngalim, P.M., (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakawa,

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT.

Press.

Rasyad, A., (2007). Teori belajar dan pembelajaran, Jakarta Timur: Uhamka

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA.

Roestiyah, (2008). Kompetensi mengajar dan guru, Jakarta : Nasco.

Sudjana, (2005). Metode statistik, Bandung: Tarsito

Sugiyono, (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta,

Sumanto, Metodologi pendidikan sosial dan pendidikan: Aplikasi metode kuantitatifdan statistika, Yogyakarta: Andi Offset

Suwabrata, S., (2008). Psikologipendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada,

Syaiful., (2007). Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9501

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurdin, Sumaryoto, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.