Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan skolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arifin, Z. (2001). Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azizah, N. (2018). Persepsi Atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS. 1(3).
Chaplin, J. P. (2005). Kamus lengkap psikologi (alih bahasa : Dr. Kartini Kartono).
Darsono. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djaali. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.
Hamalik. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Herni, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Al-Hasra BojongsariSawangan Depok. Jenius. 2(1). 158-174.
Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Ismaun. (2005). Sejarah Sebagai Ilmu. Bandung: Historia Utama Press
Kemendikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015.Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kemp, J.E., & Dayton, D.K. (2005). Planning and Producting Instructional Media (Fifth Editional). New York: Harper & Row Publisher
Kuntowijoyo, (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan BentangBudaya
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Nasution, S. (2000), Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Prestasi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cakrawala Pendidikan. 2016(1). 98-105.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prawira, A. P. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.
Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka.
Raymond, J., Wodkowski,.Judith, H. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman, Z. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Sudjana. N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2007). PsikologiPendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Sumadi, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rako Press.
Suminar, D. R., & Narpaduhita, R. P. D. (2014). Perbedaaan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari PErsepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah Di SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan. 03(3). 146-152.
Supriadi, Y. (2005). Program Bimbingan Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Tesis. Bandung : FIP UP
Sutratinah, T. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.
Suryabrata, S. (2006). Proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Yogyakarta : Andi Offset.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.
Winkel, W.S. (2003). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grafindo.
Wittig, F. A. (2007). Psychology Of Learning. Amerika: McGraw-Hill.
Yamin, M. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9395
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Budiyanto & Sumaryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |