Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Budiyanto Budiyanto(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan skolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah.


Keywords


Persepsi Siswa Atas Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Sejarah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arifin, Z. (2001). Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azizah, N. (2018). Persepsi Atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS. 1(3).

Chaplin, J. P. (2005). Kamus lengkap psikologi (alih bahasa : Dr. Kartini Kartono).

Darsono. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djaali. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Hamalik. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Herni, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Al-Hasra BojongsariSawangan Depok. Jenius. 2(1). 158-174.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Ismaun. (2005). Sejarah Sebagai Ilmu. Bandung: Historia Utama Press

Kemendikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015.Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemp, J.E., & Dayton, D.K. (2005). Planning and Producting Instructional Media (Fifth Editional). New York: Harper & Row Publisher

Kuntowijoyo, (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan BentangBudaya

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Nasution, S. (2000), Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Prestasi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cakrawala Pendidikan. 2016(1). 98-105.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prawira, A. P. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka.

Raymond, J., Wodkowski,.Judith, H. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, Z. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sudjana. N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. (2007). PsikologiPendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Sumadi, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rako Press.

Suminar, D. R., & Narpaduhita, R. P. D. (2014). Perbedaaan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari PErsepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah Di SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan. 03(3). 146-152.

Supriadi, Y. (2005). Program Bimbingan Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Tesis. Bandung : FIP UP

Sutratinah, T. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.

Suryabrata, S. (2006). Proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Yogyakarta : Andi Offset.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.

Winkel, W.S. (2003). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grafindo.

Wittig, F. A. (2007). Psychology Of Learning. Amerika: McGraw-Hill.

Yamin, M. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9395

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Budiyanto & Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.