Pengaruh Perhatian Orangtua dan Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Sosiologi

Adi Putro Wijoyo(1*), Mamik Suendarti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi (3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi (2) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi (3) terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sosiologi.


Keywords


Perhatian Orang Tua; Rasa Percaya Diri; Prestasi Belajar Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2009). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alsa, A. (2011). Pendekatan Kuantitatif Kualitatif serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Ghufron, M., Nurdan, R. R. 2011. Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, T. (2012). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Handayani, S. (2017). Pengaruh perhatian orangtua dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika . SAP, 1-11.

Ismawati, E. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jananti, N,. & Tarmudji, T. (2014). “Pengaruh Kepercayaan Diri, Budaya Lokal dan Pendidikan Agama terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. l3(2).

Lauster, P. (2006). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Pidarta, S. (2003). Landasan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, Z. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumiyati, T., Amri,B., & Sukayasa. (2017). Pengaruh Perhatian Orangtua, Konsep Diri, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Matematika Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutung. Mitra Sains. 5(1): 84-94.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Stolley, K. S. (2005). The basics of sociology. London: Greenwood Press.

Sudjana. N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sutratinah, T., & Sumadi. (2001). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Suryabrata, S. (2006). Proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Yogyakarta : Andi Offset.

Suryabrata, S. (2006). Perkembangan Individu. Jakarta : CV Rajawali.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Wahyuningtyas., & Santoso. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yamin, M. (2010). DesainPembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9369

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adi Putro Wijoyo & Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.