Pengaruh Pengetahuan Awal dan Minat terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMA Negeri di Kabupaten Cirebon
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) pengaruh secara bersama-sama pengetahuan awal peserta didik dan minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon, 2) Pengaruh pengetahuan awal peserta didik terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon., 3) Pengaruh minat peserta didik terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional dan regresi linier berganda dengan sampel berjumlah 100 responden (peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan awal dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 28,295. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,196. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,154.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Dinar, Muhammad dan Muhammad Hasan. (2018). Pengantar Ekonomi: Teori Dan Aplikasi. Jakarta : Pustaka Ilmu
Gintings, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hermawan, I. (2009). Geografi Sebuah Pengantar. Bandung : Private Publishing.
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Prenada Media Grup
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Soekato, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dab R & D. Bandung : Alfabeta.
Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembeajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta : Pustaka Diamond.
Widja, I. G. (1989). Dasar-Dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8896
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yana Mulyana, & Mamik Suendarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |