Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat)

Dwi Endah Sulistyowati(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini mengunakan metoda survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Jakarta Barat sejumlah 916 siswa. Dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan tes Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional dan motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.


Keywords


Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial; Kecerdasan Emosional; dan Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. dan Anung H. 2016. Metodologi pengajaran bahasa dan sastra. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Crow D.L. Crow. A. (2005). Psikologi pendidikan Penerjemah Rachman Abror Abd. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

DePorter, B. & Hemackhi, M. (2002). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Jakarta: Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. (2008). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Djaali. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gagne, R.M. (2001). The Conditional of learning. Florida Holt: Rienhart and Winstone.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan prinsip pendidikan.Tanggerang: Pustaka Mandiri

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Nawawi, H. (2003). Pengantar penelitian pendidikan. Bandung: Grafindo.

Purwanto, M. N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasyad, A. (2003). Teori pembelajaran dan pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Riduwan. (2012). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S.P.( 2006). Perilaku organisasi. Jakarta: Indeks.

Robbins, S. P. dan Timoty A. J.(2011). Organizational behavior. New Jersey: Pearson

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan; Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Shalahudin, M.(2001). Pengantar psikologi pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil Proses belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2014). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Syah, M. (2001). Psikologi belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Uno. H.B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Walgito, B. (2017). Pengantar psikologi umum. Yogjakarta: ANDI

Winardi. (2002). Teori motivasi belajar. Jakarta: Gramedia

Winkel, W.S. (2004). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.8893

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Endah Sulistyowati, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Sriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.