Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat)
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini mengunakan metoda survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Jakarta Barat sejumlah 916 siswa. Dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan tes Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional dan motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. dan Anung H. 2016. Metodologi pengajaran bahasa dan sastra. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Crow D.L. Crow. A. (2005). Psikologi pendidikan Penerjemah Rachman Abror Abd. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
DePorter, B. & Hemackhi, M. (2002). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Dimyati dan Mudjiono. (2008). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Djaali. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gagne, R.M. (2001). The Conditional of learning. Florida Holt: Rienhart and Winstone.
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, S. (2013). Teori dan prinsip pendidikan.Tanggerang: Pustaka Mandiri
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Nawawi, H. (2003). Pengantar penelitian pendidikan. Bandung: Grafindo.
Purwanto, M. N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasyad, A. (2003). Teori pembelajaran dan pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan. (2012). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P.( 2006). Perilaku organisasi. Jakarta: Indeks.
Robbins, S. P. dan Timoty A. J.(2011). Organizational behavior. New Jersey: Pearson
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan; Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Shalahudin, M.(2001). Pengantar psikologi pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.
Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil Proses belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suparman. (2014). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Syah, M. (2001). Psikologi belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Uno. H.B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Walgito, B. (2017). Pengantar psikologi umum. Yogjakarta: ANDI
Winardi. (2002). Teori motivasi belajar. Jakarta: Gramedia
Winkel, W.S. (2004). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.8893
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dwi Endah Sulistyowati, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Sriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |