Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditentukan oleh Persepsi Siswa atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Mereka

Mike Nurbaya(1*), Suharto Suharto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang siswa dengan analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dengan Fhitung = 70,765. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,368. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,835.

Keywords


Persepsi atas Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar IPS.

Full Text:

PDF

References


Abdilah, S.I. (2012). Aplikasi Komuter Dalam Penyusunan Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Ahmadi, H.A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dendasurono. (1997). Pembinaan Kompetensi Mengajar. Jakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jakarta.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali, H. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

E.Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya

Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran. Bandung: Cipta Aneka.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makmun, A. (2000). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mar’at. (1982). Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Margono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. (2008). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jenmars.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Cetakan ke 24. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prawira, P.A. (2012). Psikologis Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar ruzz.

Prawiro, A. (1987). Pembinaan Kompetensi Mengajar. Jakarta: Lembaga IKIP Jakarta

Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusefendi, E.T. (2000). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sabri, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teching, Quantum Teaching. Jakarta.

Safari, A. (2004). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Depdiknas.

Sapriya. (2006). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soleh. (1998). Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: DEPDIKBUD.

Sudarmanto, R.G. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumahamijaya. (2001). Membina Sikap Mental Wiraswasta. Jakarta: Gunung Jati.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistik Lebih Komprehenshif. Jakarta: Change Publication.

Surapranata, S. (2009). Analisis Validitas Reliabilitas dan Interprestasi Hasil Tes. Cetakan keempat. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Sutarno. (2005). Tanggungjawab Perpustakaan dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Pantai Rei.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsudin. (2006). Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tirtarahardja, dan Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H.B. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Cetakan keempat. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Grafindo, Jakarta.

Winkel, W.S. (1999). Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Grafindo.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Perkembangan. FKIP Yogyakarta: Sanatha Dharma.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8829

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mike Nurbaya, & Suharto Suharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.