Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Dipengaruhi oleh Minat dan Kemandirian Belajar Mereka: Studi pada SMP di Gunungkidul

Triawan Triawan(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul, 2) pengaruh minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul, 3) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di kabupaten Gunungkidul. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 858 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan analisi regresi linear berganda dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap variabel terikat Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000 < 0,05 dan Fhitung = 178,184. 2) terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000 < 0,05 dan thitung = 6,953. 3) terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,313.


Keywords


Minat belajar; Kemandirian belajar; Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Babari, S. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Singarimbun, M. & Sofyan E. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyono, H. dan Suparman I. A. (2012). Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8779

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks



Copyright (c) 2021 Triawan Triawan, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Sriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.