Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Ditentukan oleh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah: Studi pada Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional dan regresi linier berganda dengan sampel berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 18,629. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,030. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,320.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2005). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deporter, B. & Hernacki, M. (2002). Quantum learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Dimyati, (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne, R.M. (2001). The conditioning of Learning theory of instruction. New York: Rinehart.
Gerungan, W. A. (2000). Psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama.
Hakim. T. (2002). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Latipah, E. (2012). Pengantar psikologi pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.
Purwanto, N. (2003). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Robbin, S.P. (2003). Perilaku organisasi. Jakarta: Index.
Sabri, M. A. (2001). Psikologi pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sardiman, AM, (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sax, (2000). Principle of education and psychological measurement evaluation. Https:// Www.Justice.Gov.Uk/../Cogbeh 1-Rps.Pdf (cognitive behavior approach).
Slameto, (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia.
Syah, M. (2005). Psikologi belajar. Jakarta: Raya Grafindo Perkasa.
Uno, H.(2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, U. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Bandung: Tinta Mas.
Winkel, W.S. (2005). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i1.8763
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Achmad Taufiq, Sumaryoto Sumaryoto, Sumaryati Tjitro Sumarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |