Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Profesional dan Kreativitas Guru Sejarah Indonesia Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sejarah Indonesia di SMK Negeri Kota Tangerang Selatan

Aceng Haruji(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Profesional dan Kreativitas Guru Sejarah Indonesia secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 2) Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Profesional terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. 3) Pengaruh Kreativitas Guru Sejarah Indonesia terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi profesional guru dan kreatrivitas guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 21,015. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,012 < 0,00 dan thitung = 2,570. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,911.


Keywords


Persepsi atas kompetensi profesional; Kreativitas guru sejarah indonesia; Prestasi belajar sejarah Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2006). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek, edisi revisi XV .Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali, (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djumarah, S.B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.)

Djumarah, S.B., & Zain, A. (1997). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hallen, A. (2002). Bimbingan dan konseling. Jakarta: Ciputat Press

Hamalik, O. (2001). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Hamalik, O. (2009). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanudin, (2016). Pengaruh kreativitas pembelajaran guru, dalam http://hasanudin-bio. blogspot.com/2011/05/pengaruh-kreativitas-pembelajaran-guru.html.diakses tanggal 5 Maret 2016.

Irfan, M., & Ardywiyani, N. (2013). Psikologi pendidikan teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Jogjakarta: Arruzz Media.

Janawi, (2012). Kompetensi guru: Citra guru professional. Bandung: Shiddiq Press.

Kusnandar, (2007). Guru profesional implementasi KTSP dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi guru profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2002). Kretivitas dan keberbakatan strategi mewujudkan potensi kreatif dan baka. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Naim, N. (2011). Menjadi guru inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashori, F. & Rahcmi, D. (2002). Mengembangkan kreativitas dalam perspektif psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Nasution, S. (2012). Diktaktik belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. (2010). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistik modern untuk ilmu sosial Jakarta: Salemba Humanika.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Riduwan, (2006). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi guru apa, mengapa dan bagaimana. Bandung: Yrama Widya.

Saudagar, F., & Idrus, A. (2009). Pengembangan profesionalitas guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Soetjipto & Kosasi, R. (2004). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto, G. (2005). Analisis regresi linear ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Raha Ilmu.

Sudijono, A. (1987). Statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, S. (2006). Metodologi penelitian administrasi. Bandung: Alfabet.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi, dan kompetensi guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar metode penelitian. Yogyakarta: Teras.

Umar, H. (2004). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Usman, M.U. (2005). Menjadi guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, M.U. (2011). Menjadi guru professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.2011)

Yusum, S., & A Juntika N. (2005). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.8033

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aceng Haruji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.