Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA Swasta di Kota Bekasi

Fahrurrazi Fahrurrazi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA Swasta di Kota Bekasi. Populasi adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas Swasta pada Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Kota Bekasi dengan besaran sampel 130 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengukur variabel kedisiplinan, motivasi dan kesiapan belajar serta instrumen test untuk mengukur prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan, motivasi dan kesiapan belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar geografi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 191.222.

Keywords


Kedisiplinan; Motivasi Belajar; Kesiapan Belajar; Prestasi Belajar Geografi; Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Alfandi, W .(2011). Epistemologi Geografi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Arikunto, S.(2013).Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek .Jakarta : Rineke Cipta.

Djamarah, S B.(2011).Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, M S.P.(2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara .

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil Ujian Nasional 2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id di download pada 25 Mei 2020

Nasution. S.(2011). Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, S. ( 2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana,. N (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaatmadja, N. (2012). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Trianto.(2010). Mendesain Model-model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana

Tu’u,T. (2014). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, . Jakarta: Grasindo.

Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.7979

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fahrurrazi Fahrurrazi, Sumaryoto, Prof Sumaryoto, Andri Suryana, Dr. M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.