Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Kabupaten Tangerang

Asmadi Asmadi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Tangerang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Kuesioner. Hasil penelitian : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengatahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 9,027. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengatahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,044 < 0,05 dan th = 2,059. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengatahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Tangerang.

Keywords


Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A dan Supriyono. W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amirin, T, M, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Arikunto. S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bafadal, I. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin dan Wahyuni, E, N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta..

Djamarah, S, B dan Aswan, Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O.( 2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka.

Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Liang, Ghe The.( 2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Sadirman, A, M. (2014). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Geafindo Persada.

Maunah, B.(2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Prawira, P. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogjakarta: Ar Ruz Media.

Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan: Pengembangan dan Pemanfaatan,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Sarana dan Prasarana. Jakarta.

Rifa’i dan Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Siswoyo, Dwi, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudarmanto, R. G. (2008). Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdokarya.

Sudjono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukirman, dkk. (2002). Administrasi dan SupervisiPendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajara. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sutarmih, T. (1984). Anak Super Normal, Van Program Pendidikan. Jakarta: Bina Karya.

Solikodin, D. Dkk. (2014). Dasar-dasar Kependidikan. Tangerang. Pustaka Mandiri.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Tim Penyusun. (2018). Buku Panduan Penulisan Tesis. Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI.

Tulus, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Uno, H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BumiAksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.7961

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 asmadi asmadi asmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.