Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa SMP Negeri di Kota Tanggerang

Tika Farhanika(1*), Heru Sriyono(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, ada tidaknya pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan ada tidaknya pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan dengan Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik proporsional dan simple random sampling dari siswa kelas VII SMP Negeri 20 dan 26 di Kota Tangerang. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson dan analisis regresi linier berganda. Uji statistic dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan F_Hitung= 127,687 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan T_Hitung= 4,617 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dan Sig. 0,000 < 0,05 dan T_Hitung= 4,563


Keywords


Perhatian orang tua; Minat belajar; Prestasi belajar; Ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF

References


Anastasi, A. (2007). Tes Psikologi Terjemahan Robertus Hariono. Jakarta: Indeks.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Idrus, A. (2010). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Mudjioni, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Nasional, D. P. (t.thn.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Proses.

Suharjo, B. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfha Beta.

Suharjo, B. (2008). Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran di Sekolah. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Surapranata, S. (2005). Analisis, Validitasm Reabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung : Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7424

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tika Farhanika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.