Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Karawang

Nadi Sunardi(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama bersama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukan: Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,281. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,009. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,478.


Keywords


Kompetensi pedagogik guru; motivasi; prestasi belajar ekonomi

Full Text:

PDF

References


Ari, H. G. (2008). Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Karya.

Arsyad, A (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung.

Dewiyana, H. (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhuinya. Jakarta: Rineka Karya

Hasan, A. M. (2003). Pengembangan Profesionalisme Guru Di Abad Pengetahuan. Malang.

Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Mutakin, T. Z. (2019) Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian Dengan Bantuan Program SPSS. Jakarta: Pustaka Pribadi.

Nasution, S. (1995). Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. (2004). Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Gramedia.

Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwoko, A. (2001). Kegiatan Belajar Mengajar (Buku Paket PPL). Semarang: UNNES Press.

Retnoningsih, A & Suharso (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang.

Sabri, A. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Setiaji, B. (2004). Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pasca Sarjana UMS.

Slamet. (2003). Belajar Mengajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Karya.

Sudjana. (1996). Teknik Analisa Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Sugiono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukidi. (2004). Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Gramedia.

Sumaryoto. (2018). Panduan Penulisan Skripsi, Tugas Akhir, dan Tesis. Jakarta: Unindra Press.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Konprehensip. Jakarta: Change Publication.

Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Grasindo.

Uzer, U. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum.Jakarta: Andi.

Winkel, WS. (2005). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yoyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7417

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nadi Sunardi, Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.