Memahami Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP di Kota Bekasi

Anisa Nur Rahmah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orangtua dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. 2) Pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. 3) Pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh perhatian orang tua dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, hasil penelitian ini adalah : 1.) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh perhatian orang tua dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 15.990.  Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,340. 3.) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,047 < 0,05 dan thitung = 2,008.

Keywords


Perhatian Orang Tua; Kreativitas Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


A, Crow & Crow, L. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu

Abdullah, R. (2007). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad Syarifuddin. (2011, Juni). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. TA’DIB, Vol. XVI No. 01. Edisi Juni 2011, 57-ArticleText-112-2-10-20150507.pdf

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Baharuddin. (2009). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Boulden, G. (2006). Mengembangkan Kreativitas Anda. Terj. Ferdinan Fuad. Yogyakarta: Dholpin Book.

Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi. Terj Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo.

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Effendi, dkk. (2009). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Swara

Hamalik. O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Hidayat, Syarif. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri

Hidayat, Syarif. (2017). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Hurlock, E. B. (2001). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung; Refika Aditama.

Mahmud, D.M. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Munandar. U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munib, A. (2004). Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Nasution, T. & Nasution, N. (2009). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulya.

Paul, S. (1996). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwodarminta, W.J.S (2006) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Safari. (2008). Analisis Butir Soal. Jakarta : CV Purnama

Sapriya et al. (2007). Konsep Dasar IPS, Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan PKN FPIPS UPI; Bandung.

Sardiman, (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Semiawan. Conny R. (2009). Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: PT. Indeks.

Slameto, (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta.

Soewarno, W. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Somantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sulistyo, J. (2010). 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta : Cakrawala.

Sumaatmadja. (1984). Konsep Dasar IPS. Jakarta; Universitas Terbuka.

Sumadi, S. (2002). Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Supriyadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Suryabrata, S. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. 2005. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Walgito, B. (1900). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Wingkel. (2006). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7341

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anisa Nur Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.