PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Iis Aisah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hipotesis penelitian ini meliputi: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar akuntansi 3. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 64 siswa kelas XI tahun ajaran 2019/2020 yang berasal dari dua SMK Negeri Kota Tangerang Selatan.  Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 11.745. Variabel perhatian orangtua dan motivasi belajar ini secara bersama-sama memberikan kontribusi kepada variabel prestasi belajar akuntansi sebesar 28%. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,032 < 0,05 dan thitung =  2,198. Kontribusi variabel perhatian orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 12,2%. 3).Terdapat  pengaruh  yang  signifikan  motivasi belajar terhadap  prestasi belajar akuntansi  siswa SMK Negeri Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 <  0,05 dan thitung = 2,650. kontribusi motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 15,7%.


Keywords


Perhatian orangtua; motivasi belajar; prestasi belajar akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.I (2014). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri

Djamarah, S. B. (2010). Psikolog pelajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Rifa’i, A. & Chaterina T. A. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N. (2009). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Universitas Indraprasta-PGRI. (2016). Pedoman penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: Unindra-PGRI.

Winardi. (2012). Manajemen perilaku organisasi. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i3.7251

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iis Aisah, Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.