Pengaruh Tingkat Ekonomi Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri di Jakarta Timur

Agus Sulamto(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh tingkat ekonomi orangtua dan motivasi  belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, (2) pengaruh tingkat ekonomi orangtua  terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat ekonomi orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 47,917, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,699, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan  thitung = 3,166.

Keywords


Prestasi Belajar IPS; Tingkat Ekonomi Orangtua; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka.

Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Djamarah. (2006), Prestasi pelajar dan kompetensi guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Fajar, A. (2007). Kendala dan potensi pembelajaran PPKn terpadu. Bandung : UPI

Goleman, D. (2002), Working with emotional intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009), Emotional Intelligence; Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting dari IQ, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Gottman, J.(2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional. (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan prinsip pendidikan. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Hidayati. (2008). Pengembangan pendidikan PPKn. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional..

Lestari.S, S. (2013). Startegi belajar dan pembelajarn, Jakarta : Unindra Press

Mulyatiningsih, R. (2006). Bimbingan pribadi-sosial, belajar, dan karier. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mubayidh, M. (2006). Kecerdasan dan kesehatan emosional anak. Jakarta: PT. Al Kautsar.

Mustaqim. (2008), Psikologi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto, N. (2006). Psikologi pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Poerwadarminta, W.J.S. (2006), Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N. Balai Pustaka.

Riduwan. (2004), Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. (2009). Stategi pembelajaran berorientasi standar prose pendidikan. Jakarta : Kencana

Santrock. J.W. (2003). Adolescance perkembangan remaja. Jakarta : Erlangga

Santoso, S. (2000). Latihan SPSS statistik parametrik, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia

Sardiman. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Singarimbun, M. dan Effendi, S. (2006). Metode penelitian survey. Jakarta : LP3ES.

Sugiono. (2005). Metode penelitian admnistrasi. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Surakhmad, W. (2002). Pengantar penelitian ilmiah, dasar, metode, teknik. Bandung : Transito.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i2.7234

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agus Sulamto & Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.