Pengaruh Kemampuan Interaksi Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Bagi Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat

Fitriyanti Fitriyanti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kemampuan Interaksi sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. 2) Pengaruh Kemampuan Interaksi Sosial terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. 3) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat dengan besar sampel sebanyak 60, dengan teknik korelasional yang digunakan yaitu regresi berganda. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk mengukur ketiga variabel tersebut. Analisis data menggunakan analysis of variants (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil penelitian yaitu : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan interaksi sosial dan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep kearsipan siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,037 < 0,05 Fhitung = 3,481. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan interaksi sosial terhadap penguasaan konsep kearsipan siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,037 < 0,05 thitung = 2,131. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep kearsipan hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,028 < 0,05 thitung = 1,301. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan penguasaan konsep kearsipan di tingkat SMK.

Keywords


Kemampuan Interaksi Sosial; Kemandirian Belajar; Penguasaan Konsep Kearsipan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A . (2004), Psikologi umum, Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, A & Supriyanto (2004), Psikologi belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Aisyah, N. (2007), Pengembangan pembelajaran SD, Jakarta: Depdiknas.

Ali, M. (2005), Psikologi remaja perkembangan anak didik, Jakarta : Bumi Aksara.

Alwi, H. (2005), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi (2007), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Amsyah, Z. (1996), Manajemen kearsipan, Jakarta : Balai Pustaka.

Ahmadi A. & Setyaningsih (2000), Transformasi pendidikan demokratisasi otonomi, civil society globalisasi, Yogyakarta : Kanisius.

Barthos, B. (2009), Manajemen kearsipan untuk lembaga negara, swasta, dan perguruan tinggi, Jakarta : Bumi Aksara.

Chaplin, J.P (2011), Kamus Lengkap Psikologi (Terj : Kartini Kartono), Jakarta : Raja Grafindo.

Chrisyanti, Irra (2011), Manajemen Perkantoran, Surabaya : Prestasi Pustaka.

Djaali, Pudji & Ramly (2000), Pengukuran bidang pendidikan, Jakarta : PPS Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, S.B. (2008), Psikologi belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Gerungan (2010), Psikologi sosial, Bandung Refika Aditama.

Gie, T.I. ( 2010), Administrasi Perkantoran, Yogyakarta : Modern Liberty.

Hamalik, O. ( 2011), Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Maulana, M.N. (2004), Administrasi kearsipan, Jakarta : Bharata

Parker (2005), Menumbuhkan kemandirian dan harga diri anak, Malang : Pustaka Digital.

Sanjaya (2010), Strategi pembelajaran berbasis proses, Jakarta : Kencana.

Setiawan, Heriadi (2020), Mandiri dan berdikari dengan usaha kreasi barang bekas, Jakarta : PT Pustaka Al Ghifari.

Sudjana, N. (2006), Statistika untuk penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sumaatmadja, N. (2002), Metodologi pengajaran ilmu pengetahuan sosial, Bandung : Alumni.

Sugiyono (2013), Statistika untuk penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sutarto (1999), Dasar-dasar kepemimpinan administrasi, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Tirtarahardja, U.& Sulo (2005), Pengantar pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i1.7209

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 F Fitriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.