Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Swasta di Jakarta Utara

Prio Triswijianto(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Jakarta Utara. 2) Pengaruh Perhatian Orang Tua  terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Jakarta Utara. 3) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Jakarta Utara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa di ambil secara proporsional dengan model analisis statistk regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Utara, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 < 0,05 Fhitung 131,505. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Utara, hal ini  dibuktikan dengan nilai sig.= 0,026 < 0,05 dan thitung 2,282. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Utara, hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 thitung 12,987. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa di tingkat SMP.

Keywords


Perhatian orang tua; Kemandirian belajar; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anton Sukarno, (1999). Ciri-ciri Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Arikunto Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati Waridah, (2008). EYD Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Hamid Darmadi, (2010). Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabert:hal:7

Hamzah Uno, (2008). Profesi Kependidikan. Bandung: Bumi Aksara.

J. Supranto, (2003). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Jacob Utomo, (1980). Kemandirian Belajar Siswa Perlu Ditingkatkan. Jakarta: Bumi Aksara.

Julinda Siregar, (2018). Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: UNINDRA PRESS.

M. Alisuf Sabri, (2001). Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Purwanto, (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rosnida, (2007). Kemandirian Dalam Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustiyah, N.K, (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Bina Aksara.

Sanjaya, (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, hal: 125

Slameto, (1998). Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara.

Sudarwan Danim dan Khairil, (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta Sudi Lestari, (2015). Kurikulum Pendidikan IPS. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Sumaryoto, (2018). Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir, dan Tesis. Jakarta: Unindra Press.

Supardi, (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi (1990). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan, Strategi Belajar Mengajar. hal: 38

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan, Strategi Belajar Mengajar. hal: 46

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan, Strategi Belajar Mengajar. hal: 87

Thursan Hakim, (2006). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Umar Tirtaraharja dan La Sulo, (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

UU. RI. No. 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Wina Sanjaya, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wirawan, (2013). Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf Syamsu dan Nurihsan Juntika, (2008). Teori Kepribadian. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i1.7191

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prio Triswijianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.