Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Swasta di Jakarta Selatan

Dayat Solikin(1*), Heru Sriyono(2)

(1) Mahasiswa UNINDRA Pendidikan IPS
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Swasta di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasi. Sedangkan data dan informasi di lapangan diperoleh dengan bantuan kuesioner. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan minat belajar bersama terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan Fhitung = 28,081. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,015 <0,05 dan t hitung = 2,497. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan t hitung = 7,195.

Keywords


Disiplin; Minat Belajar; Prestasi Belajar Sejarah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bimo, Walgito. (1987). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas UGM.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Darmaningtiyas. (1999). Pendidikan Pada dan Setelah Krisis, (Evaluasi Pendidikan Pada Masa Krisis). Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Darwyan, Syah. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. (2002). Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B.Uno dan Nurdin Muhammad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kadir. (1994). Penuntun Belajar PPKn. Bandung: Pen Ganesa Exact.

Kartono. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV Mandar Maju

Kochhar, S.K. (2008). Teaching of History. Jakarta: Grasindo

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Parker, Deborah K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Diterjemahkan oleh Bambang Wibisono. (2006). Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Riduwan. (2013a). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sabri, Alisuf. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Safari. (2015). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian berbasis Kompetensi. Jakarta: APSI Pusat.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soejanto Sandjaja. (2004). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. (1983). Dasar-Dasar Bimbingan Dua Penyuluhan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan: Suau pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Sunarto dan Agung Kartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Media Group.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan, Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufani. (2008). Minat, Faktor faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Grasindo.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarmo, Surakhmad. (2001). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i1.6753

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DAYAT SOLIKIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.