PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI

Vika Froretasari(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah: Pengaruh minat dan kedmandirian belajarĀ  terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Pengaruh minat terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey penjelasan (explanatory survey method) dengan dibantu pendekatan kuantitatif melalui korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ,XI,XII peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial sebanyak 750 orang siswa dan jumlah sampel adalah 75 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 20,101. Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,569. Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar geografi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi.

Keywords


Minat; kedisiplinan; prestasi belajar geografi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.I. (2012). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah (SPSS, Minitab dan Lisrel ). Jakarta: Pustaka Mandiri

Ali, M. (2004). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Anas, S. (2006). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahri, S & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daldjoeni, N. (1997). Pengantar geografi untuk mahasiswa dan guru sekolah. Bandung: Alumni.

Darsono, M. ( 2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Darwyansyah, (2009). Stratagei belajar mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Dimyati & Mudjiono. (1982). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B &Aswan, Z. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fajar, A. (2004). Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2002). Metode dan kesulitan-kesulitan belajar. Bandung: Tursito.

_________. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu, S.P, (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutakin,T. Z. (2015). Suplemen aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri

Nasution, S. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto, N . (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saifuddin, A. (2002). Tes prestasi (Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sardiman. (1999). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Media.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________. (2011). Penilaian proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

_________. (1996). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2009). Manajemen penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2002). Prosedur penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: UGM.

Sutrisno, H. (2004). Analisi regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Tim Penyusun, (2009). Buku panduan penulisan tesis. Jakarta: Unindra-PGRI.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winkel, WS.(2000). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo

.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.6342

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vika Froretasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.