PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH INDONESIA

Retno Okviana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes Sejarah Indonesia dan menyebarkan kuesioner. Setelah menguji instrumen penelitian dengan validitas dan reliabilitas, penelitian dilanjutkan dengan menguji persyaratan analisis data dan menguji hipotesis penelitian menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan mulai September 2019 hingga Januari 2020. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1). Ada pengaruh signifikan minat dan disiplin belajar bersama pada prestasi belajar Sejarah Indonesia siswa sekolah menengah swasta di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 <0,05 dan Fcount = 36,697; 2). Ada pengaruh signifikan minat terhadap prestasi belajar siswa sekolah menengah swasta Sejarah Indonesia di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan akuisisi Sig. = 0,013 <0,05 dan thitung = 2,540; 3). Ada pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar pada prestasi belajar siswa sekolah menengah swasta Sejarah Indonesia di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan akuisisi Sig. = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,128.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survei ( Editor). Jakarta : LP3ES.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Subini, Nini. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Zuriah, Nurul. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.6339

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Retno Okviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.