KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Data tentang variabel konsep diri dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 166,224. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 12,832. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok.
Full Text:
Untitled (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
BSNP. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta Depdiknas.
Depdikbud. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud
Djamarah, S.B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gunarsa. (2004). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia
Hamalik, O. (2005). Metoda Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hanafi, A. (2007). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Husein, U. (2000). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Lestari, S.(2015).Strategi Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Unindra Press.
Lie, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mar’at. (2001). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Mas’udi, A. (2000). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.
Nasution, S. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers
Notoatmojo.(2002) Latihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Mandar Jaya
Notoatmojo. (2002). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara
Purwanto, M.N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rasyid, D.M. (2005). 20 Langkah Salah dalam Mendidik Anak. Bandung: Syaamil Cipta Media.
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Silberman, M. L, (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Soetyobroto, S. (2003). Psikologi Sosial Penddikan.Solo: Percetakan Solo.
Sukardi, (2009).Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyowati, S. (2001).Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan.
Sunaryo.(2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC
Suryabrata, S. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Susilawati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Grasindo.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.6336
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 sahel sahel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |