KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI

sahel sahel(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Data tentang variabel konsep diri dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05  dan Fh = 166,224. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05  dan th = 12,832. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Depok.


References


DAFTAR PUSTAKA

BSNP. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta Depdiknas.

Depdikbud. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud

Djamarah, S.B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gunarsa. (2004). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia

Hamalik, O. (2005). Metoda Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hanafi, A. (2007). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Husein, U. (2000). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Lestari, S.(2015).Strategi Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Unindra Press.

Lie, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mar’at. (2001). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Mas’udi, A. (2000). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.

Nasution, S. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers

Notoatmojo.(2002) Latihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Mandar Jaya

Notoatmojo. (2002). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara

Purwanto, M.N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyid, D.M. (2005). 20 Langkah Salah dalam Mendidik Anak. Bandung: Syaamil Cipta Media.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Silberman, M. L, (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Soetyobroto, S. (2003). Psikologi Sosial Penddikan.Solo: Percetakan Solo.

Sukardi, (2009).Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyowati, S. (2001).Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan.

Sunaryo.(2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Susilawati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Grasindo.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.6336

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 sahel sahel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.