Pengaruh Gaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor

Widi Rohhadi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Gaya dan Minat belajar terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Gaya belajar siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. 2) Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. 3) Pengaruh Interaktif Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kabupaten Bogor dengan besar sampel 60 siswa, dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu non tes berupa angket untuk mengukur variabel gaya belajar dan variabel minat belajar, serta instrument tes  untuk mengukur prestasi belajar IPS bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal.  Analisis data menggunakan analisis of varians (ANOVA) dua jalur/arah dengan desain faktorial 3x2. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan Sig. 0,008 < 0,05 dan Fh = 5,315. 2) Terdapat pengaruh yang TIDAK signifikan minat belajar tehadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor,  hal ini dibuktikan dengan Sig. 0,474 > 0,05 dan Fh = 0,520. 3) Terdapat pengaruh  interaktif yang signifikan gaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor, hal tersebut dibuktikan dengan Sig 0,018 < 0,05 dan Fh = 4,322.

Keywords


Gaya Belajar; Minat Belajar; Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Bobby De Porter dan Mike Hemacki,terjemahan Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning nyaman dan menyengkan (Bandung: Kaifa, 2011), hal. 110-111

Djamarah, Syaifu.B.(2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Muhibbinsyah, & Wiyani, N.A. (2013). Psikologi Pendidikan teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran, Jakarta: Ar-Ruuz Media

Rachmawati & Daryanto, (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i1.5965

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widi Rohhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.