PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Neneng Fatimah(1), Nani Hanifah(2*)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional, dengan total sampel 88 orang, diambil menggunakan teknik stratified random sampling proporsional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y = - 23.206 + 0,613 X1 + 0,421 X2 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai ? = 0,05, ini menunjukkan bahwa regresi berpola linear. Hipotesis nol penelitian adalah bahwa tidak ada pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, setelah menguji hipotesis, untuk koefisien dan bersama-sama dengan Y diperoleh koefisien determinasi sebesar 72% dan diperoleh Fhitung> F tabel (106,457> 3,90) sehingga Ho ditolak pada tingkat signifikansi 0,05. Jadi kesimpulannya adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu sosial

Keywords


perhatian orang tua, motivasi belajar, dan prestasi ilmu sosial

Full Text:

PDF

References


Abu, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar, Jakarta: Rhineka Cipta.

Abdilah, S. I. (2012). Aplikasi Komuter Dalam Penyusunan Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2001). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke 8. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, H.A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta

Baharrudin & Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media

Crow, L. D & Alice, C. (1989). Psycology Pendidikan : Yogyakarta

Dimyati, dkk.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djaali. H. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. O. (1991). Perencanaan Pengajaran. Bandung : Cipta Aneka.

Hasibuan , J.J. & Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial : Kenakalan Remaja. Jakarta : Rajawali Press.

Makmun, A. S. (2000). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2008). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung : Jenmars,

Prawiro, A, et.al. (1987). Pembinaan Kompetensi Mengajar. Jakarta : Lembaga IKIP Jakarta

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Cetakan ke 24. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prawira, P.A. (2012). Psikologis Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar ruzz.

Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.5898

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Neneng Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.