PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Nuraidah Risma Yanti(1*), Soeparlan Kasyadi(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) Pengaruh minat dan kemandirian belajar  terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. 2) Pengaruh minat terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. 3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang siswa dengan analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan. Dengan kontribusi pengaruh minat dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial  Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 64,882. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,017 < 0,05 dan thitung= 2,433. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,036 < 0,05 dan thitung = 2,133. Dengan kontribusi pengaruh kemandirian dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial sebesar 28,68 %.


Keywords


Minat, kemandirian, prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Aldrich, A. B. (2009). Teaching Approach, Perceived Parental Involvement and Autonomy as Predictors of Achievement. The International Journal of Research and Review, Vol1: 57-80.

Asrori, M. A. (2005). Psikologi Remaja In Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Bumi A,pp.

Basir, L. O. (2010). Kemandirian Belajar atau Belajar Mandiri. Diakses dari http://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.htm.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Darmono. (2007). Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Diniyah, A. N., & Nurjaman A. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21.

Fatimah, & Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV Pustaka Setia.

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Meleong,J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Mutadin. (2002). Kemandirian Sebagai Suatu Kebutuhan Psikologi Pada Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutakin, T. Z. dan Cleopatra, M. (2015). Suplemen Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Nana, S. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja

Rosdikarya

Ningsih, R., dan Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Nursobah, A. (2009). Hubungan Antara Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal dan Identitas Sosial Dengan Hasil Belajar Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Prasasti S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pratistya, A. N. dan Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips SMAN 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1): 48-65.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Peneitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.

Suparman, I.A. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Suryosubroto B. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syafruddin. (2004). Buku Ajar Penilaian Hasil Belajar. Padang: Jurusan Ekonomi FIS UNP.

Thaib, E.M. (2013). ” Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional”.JurnalIlmiahDidaktika.13(2):384-399.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.5897

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nuraidah Risma Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.