PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA

Devi Junianti(1*), Tundjung Tundjung(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to determine: 1) The effect of learning methods on the learning outcomes of Indonesian history of high school students in Tangerang Regency. 2) The effect of student creativity on the results of Indonesian history learning by high school students in Tangerang Regency. 3) The interactive influence of student learning methods and creativity on the results of Indonesian history learning in high school students in Tangerang Regency. This study uses an experimental method. The results of the study: 1) There is a significant effect of learning methods on the learning outcomes of Indonesian History of high school students in Tangerang Regency. This is evidenced by the acquisition of sig 0.021 <0.05 and Fcount = 5.578. 2) There is a significant influence of students' creativity on the learning outcomes of Indonesian History of high school students in Tangerang Regency. This is evidenced by the acquisition of sig 0.029 <0.05 Fcount = 4.976. 3) There is a significant interactive effect of student learning methods and creativity on the learning outcomes of Indonesian History of high school students in Tangerang Regency. This is evidenced by the acquisition of sig0,000 <0.05 and Fcount = 56.925.


Keywords


Learning methods; creativity; learning outcomes of Indonesian history.

Full Text:

PDF

References


Al-Toumi,O.(1983). Strategi Pembelajara PAI.Jakarta:Rineka Cipta.

Alamsyah,M.(2009).Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Yogyakarta:Mitra Pelajar.

Arikunto,S.(1995).Manajemen Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.

___________.(2001). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta.

___________. (2002).Metode Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.

___________. (2003).Prosedur Penelitian, Suatu Praktek.Jakarta:Bina Aksara.

___________. (2006). Prosedur Penelitian: Suatau Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

___________.(2010).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Beck,J.(1997).Meningkatkan Kecerdasan Anak.Jakarta: Pt.Pustaka Delapratasa.

Buzan,T.(2007).Buku Pintar Mind Map.Cetakan kelima.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

___________ .(2004).Mind Map Untuk meningkatkan Kreativitas. Cetakan kedua.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Dahlan,S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Skripsi.Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Unindra.

Dani,A.(2013). Efektivitas Metode Mind Map dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Darul Karomah Singosari Malang, Skripsi.Fakultas Psikologi UIN Malang.

Departemen Pendidikan Nasional.(2005).Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta:Balai Pustaka.

Depdikbud.(2003). Kamus HBesar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.

Djaelani, M. Suriani Dkk.(2015). Dasar-Dasar Kependidikan.Tangerang:Pustaka Mandiri.

Gazalba,S.(1981).Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu: Untuk Tingkat Pengetahuan Menengah dan Perguruan Tinggi.Jakarta:Bhrata.

H.B.Sutopo.(1988).Pengantar Penelitian Kualitatif.Surakarta:UNS Press.

Hidayat,S.(2015).Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang:Pustaka Mandiri.

Hutabarat, E.P.(2004). Cara Belajar Pedoman Praktis, secara efisien dan efektif. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Kartodirdjo, S. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: bentang Pustaka.

Lestari, S.(2015).Kurikulum Pendidikan Ips.Tangerang:Pustaka Mandiri.

Munandar,U.(1999).Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Mutakin,T,dkk.(2019).Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian Bnatuan Program.Jakarta:Pustaka Mandiri.

Rumini,S.(1995).Psikologi Pendidikan FIP IKIP. Yogyakarta: UPPIKIP Yogyakarta.

Sangidu.(2004).Metode Penelitian Sastra: Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta:Unit Penelitian Sastra Asia Barat FIB UGM.

Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrapindo.

Shoimin,A.(2016).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Cetakan Kedua. Jakarta:Ar-Ruzz Media.

Siregar,S. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta:Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Stahl,R.I. (1994). Cooperative Learning In Social Studies: A Handbook For Teacher. New York : Addision Wesley Publishing Accompany,Inc.

Sudjana,N.(2004).Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algensindo.

___________.(2005).Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru.

Sudrajat,A.(2009).Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Group Investigation. Http//www.Akhmad Sudrajat.wordpress.com.(Diakses tanggal 02/07/2019 pukul 14:00).

Sugiyono.(2007).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

________. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________.(2011).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta.

________.(2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

________.(2007).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suherman,dkk.(2003).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:JICA.

Suherman dan Sukjaya.(1990).Petunjuk Evaluasi Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika.Bandung:Wijayakusumah.

Sukmadinata, N.S. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyatno,dkk.(1998).Dasar-Dasar Perkreditan.Jakarta:Gramedia Pustaka.

Syah, M.2006.Psikologi Belajar.Jakarta:Raja Grafindo persada.

___________.2006.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Widja,I.(1989).Panduan Pengajar Buku Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah.Jakarta:Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Windura,S.(2008).Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta:PT.Gramedia.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta:Gramedia.

Wycoff,J.(2003). Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan-Pikiran.Cetakan ketiga.Bandung:Kaifa.

Zamhari,Al.(2014).Implementasi Cooperatif Learning Melalui Metode PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV Materi Perkembangan Tekhnologi di MIN Druju Malang.Skripsi.Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.5676

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 devi junianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.