PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU

Sriyono Sriyono(1*), Restoeningrum Restoeningrum(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh tingkat pendidikan dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. 3) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah guru pada 11 (sebelas) SMA Negeri di Jakarta Utara dengan total populasi 500 guru. Sampel penelitian berjumlah 60 guru. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung =  47,598. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan dengan  thitung  = 4,751. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung  = 3,893.


Keywords


Tingkat pendidikan, kompetensi pedagogik, kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Anita,W. Sri Dkk. (2014). Strategi pembelajaran. Universitas Terbuka : Banten

Arifin, H.M. (2010). Hubungan timbal -balik pendidikan di lingkungan sekolah dan keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2007). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, A. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: Bagian Penerbit Universitas Trisakti.

Badan Pengembagan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012). Kebijakan pengembangan profesi guru.

Buchari, Z. (2003). Manajemen personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Choliq, H. A. (2014: 181). Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Danim, S. (2006). Visi baru manajemen sekolah, cetakan pertama. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

De Cenzo & Robbins. (2001). Organizational behavior, prentice hall international editions.

Djamarah, S.B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

George, T. (2003). Principle of management, seventh edition 7th, Home Wood llinois, Richard D.Irvin In.

Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handoko T. H. (2001). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasbullah. (2006). Otonomi pendidikan; Kebijakan otonomi daerah dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.

Hasibuan, M. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman, R. (2002). Manajemen personalia, edisi keempat, Yogyakarta: BPFE.

Hutabarat, E.P.(2004). Cara belajar pedoman praktis, secara efesien dan efektif. Jakarta: PT. BPK Gunung mulia.

Jalaudin R. (2008). Psikologi komunikasi. Jakarta: Rosda Karya.

Kartodirdjo, S. (1993). Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Jakarta: Gramedia.

Made, P. (2007). Landasan pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maier. (2002). Manajemen kepegawaian. Bandung: Penerbit Alumni.

Mangkunegara, A.A.P. (2007) Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martinis, Y. (2006). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Penerbit Gaung Persada Press.

Mifta, T. (2011). Perilaku organisasi. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Moekijat. (2002). Dasar-dasar administrasi dan manajemen perusahaan. Bandung : CV . Mandar Maju.

Moh. A. (2002). Psikologi industri, seri ilmu sumber daya manusia. Yoyakarta: Liberty.

Mudyaharjo (2010). Peran pendidikan dalam pembangunan Nasional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhammad, T. H. (2005). Islam dan masalah sumber daya manusia. Ceta. IV. Jakarta: Lantabora Press.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana & Ibrahim. (2007). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana, S. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim, P. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: PT.Rosdalarya.

_________. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nitisemito, A. (2002). Manajemen personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2002). Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

PP Nomor 101 (2000). Pendidikan dan pelatihan jabatan pegawai negeri sipil.

Prawirosentoro, S. (2001). Kebijakan kinerja karyawan kiat membangun organisasi menjelang perdagangan bebas dunia. Yogyakarta: BPFE.

Ramadhan, I. (2009). Pengaruh program pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan pada KUD Trisula Kabupaten Majalengka. Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama.

Republik Indonesia UU RI Nomor 20 Tahun 2003. (2011: 3). Undang-undang sistem pendidikan nasional cet. IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saediman, (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Siagian, S. P. (2000). Pengembangan sumber daya insani. Jakarta: Gunung Agung.

Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

__________. (2013). Spikologis praktis: anak, remaja dan keluarga. Banten: PT. BPK Gunung Mulia

Soekidjo, N. (2005). Pengembangan sumber daya manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang, S. (2002). Pengembangan sumber daya manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, (2006). Metode penelitian administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

________, (2010). Statistika untuk penelitian, Bandung: Alfabeta.

_________, (2012). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabetha.

Sugoyanto. (2008). Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Tilaar, H.A.R. (1995). Pembangunan pendidikan Nasional 1945-1995. Jakarta: Grasindo

Wens, T. dkk. (1996) Dasar-dasar ilmu pendidikan. cetakan. III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama).

Yoder, D. (2003). Personal management and industrial relation sixth edition prentise, Hall Inc, Englewood, Clifft, New Jersey. S.

Zainuddin, A. (2011). Pendidkan agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i1.5655

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sriyono Sriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.