PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Leni Eviyani Rahayu(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa terutama siswa SMK pada mata pelajaran Kewirausahaan. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar. Data tentang variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal tersebut. Sedangkan data tentang prestasi belajar  diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 17,172; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,817; dan (3). terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,012 < 0,05 dan nilai thitung = 2,588


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. (1991). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Aswan , Zain, Bahri syamsul, Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta

Burhanuddin, (2009). “Pengaruh Earning per share terhadap harga saham” : Jurnal

Akuntansi dan Keuangan, (hlm. 79). Palu Sulawesi Tengah: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud, (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka. Dhari.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. (1994), Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). “Psikologi Belajar”. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2003). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta

Khairuddin, H. (1990). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Nurcahaya.

Purwanto, Ngalim (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya

Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 224 hlmn.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supardi, Imam. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta : Rineka cipta). Edisi revisi

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Safari, MA, (2005), Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes Jakarta: APSI

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi : Bandung Yayasan Kesuma Karya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.

Supardi, Imam. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.

Suryabrata, Sumadi. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, B. Hamzah. 2008. Teori Motivasai dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. PT. Bumi Aksa




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5317

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Leni Eviyani Rahayu, Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.