PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa terutama siswa SMK pada mata pelajaran Kewirausahaan. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar. Data tentang variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal tersebut. Sedangkan data tentang prestasi belajar diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 17,172; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,817; dan (3). terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,012 < 0,05 dan nilai thitung = 2,588
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. (1991). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Aswan , Zain, Bahri syamsul, Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta
Burhanuddin, (2009). “Pengaruh Earning per share terhadap harga saham” : Jurnal
Akuntansi dan Keuangan, (hlm. 79). Palu Sulawesi Tengah: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah
Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud, (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka. Dhari.
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah. (1994), Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). “Psikologi Belajar”. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press
Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta
Khairuddin, H. (1990). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Nurcahaya.
Purwanto, Ngalim (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya
Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 224 hlmn.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supardi, Imam. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.
Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta : Rineka cipta). Edisi revisi
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1, Bandung : Alfabeta
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Safari, MA, (2005), Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes Jakarta: APSI
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi : Bandung Yayasan Kesuma Karya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.
Supardi, Imam. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.
Suryabrata, Sumadi. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Uno, B. Hamzah. 2008. Teori Motivasai dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. PT. Bumi Aksa
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5317
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Leni Eviyani Rahayu, Sumaryoto Sumaryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |