MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT INTELIGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Inteligensi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.Penelitian dilakukan dengan metode surey. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Jakarta Barat dengan besar sampel sebanyak 71 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan tingkat inteligensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 99,825 dan sig. = 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 1,036 dan sig.= 0,031 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,126 dan sig. = 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Tingkat Inteligensi, Prestasi Belajar Ekonomi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto Suharsini, (1993). Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar Saifuddin. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baron, Byrne, R.D. (2002). Psikologi Sosial, ed 4. Jakarta: Pustaka Pelajar. 2004.
Cleopatra, M, Mutakin Tatan Z. (2015). Suplemen Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Ilmiah. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
Crow D.L., Crow, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Penerjemah: Rachman Abror Abd. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menegah Umum.
Goleman D. (2005). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi (ed. 6). Jakarta: Gramedia
Hurlock E. B. (1997). Psikologi Perkembangan. Penerjemah : Istiwidayanti dan Soerjarwo. Jakarta: Erlangga.
Mulyana E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Belajar KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pintrinch P.R. & Schunk, D.H. (1996). Motivasion in Education. Ohio: Merill on Imprint of Prentice Hall.
Riduwan, Sunarto H. (2007). Pengantar Statistika untuk penelitian (cet.1). Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Azwar. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Santrock, J.W. (2003). Adolensence: Perkembangan Remaja (ed.6). Penerjemah : Adelar, Shinta B dan Saragih, Sherly. Jakarta, Erlangga.
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Schunk D.H.(1994). Zimmerman, J. Regulation of Learning and Perfomance. New Jersey: Erlblaum Assiciates. Publishers.
Sudijono A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada..
Sukadji Soetarlinah. (2000). Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Depok : UI-Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
-------. (2002). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (L.P.S.P.3): Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. 2000.
-------. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.1995.
-------. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi offsets.
-------. (2002) .Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suparman, I.A. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Menyusun Karya Ilmiah. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
Syah Muhibbin. (1997). Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin, M.S. (2005). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data: dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.3752
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sumito Supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |